Tutorial seputar / menggunakan ArcView


 Tutorial menggunakan Arcview. Pertama sebelum kita menggunakan software ini kita harus bisa menginstalnya. Untuk tau cara menginstal ArcView bisa dilihat disini.
Seperti biasa buka ArcView , pilih blank project kemudian pilih new.

Cara memasukkan extensions :
Tambahkan extensions ArcView yang ingin anda inginkan. copy saja file dengan ekstension .avx ke dalam directory C:\ESRI\AV_GIS30\ARCVIEW\EXT32 atau sesuaikan dengan environment dimana ArcView  Anda di install.
Klik menu file
 
Pilih extensions lalu cari extensions yang kita butuhkan (misalnya Edit Tools 3.1 atau Database Acces ) beri ceklist. Setelah itu ok. 
Kemudian saya akan memberi sedikit pengetahuan mengenai  Degree Minute Second (DMS) dan Decimal Degree (DD) yang sangat penting dalam pembuatan peta.
 Pada gambar diatas adalah sampel data yang saya gunakan dalam mini tutorial GIS ini. Anda bisa mendownloadnya pada link dibawah. Seperti terlihat, saya memiliki data feature point (Kota.shp) dengan sistem proyeksi Geographic dalam format DD yaitu field X dan field Y. Sementara saya ingin menampilkannya dalam format DMS, seperti hasil konversi yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Geographic format Degree Minute Second (DMS) ke dalam Decimal Degree (DD) dan sebaliknya DD to DMS sebenarnya telah tersedia secara default ketika kita menginstall ArcView .Namun penggunaannya menuntut user untuk memahami dasar Avenue-bahasa semi pemrograman yang tersedia di ArcView. Seluruh proses konversi dari DMS to DD atau DD to DMS akan menghasilkan field baru ke dalam attribute. Field baru tersebut bekerja berdasarkan field yang tersedia sebelumnya sebagai nilai yang akan di konversi. Jadi jika Anda ingin mengetahui koordinat lokasi dalam format DMS maka feature (layer) tersebut harus sudah memiliki field dalam format DD, begitu juga sebaliknya.
 Field DMS-X merupakan konversi dari field X dan DMS-Y adalah konversi dari field Y. Nilai decimal 98.6756 pada field X untuk baris nama Kota Medan di konversi menjadi 98 40 32 pada field DMS-X. Atau jika ditulis dalam format yang benar adalah sebagai berikut 98040’32”.
Baiklah sekarang saatnya untuk menunjukkan bagaimana cara konversi DD to DMS tersebut di ArcView 3.x. Saya akan coba sajikan dengan runut serta menggunakan gambar.
Pertama, pastikan bahwa attibute feature (layer) memiliki nilai DD. Jika belum Anda bisa mengupdate-nya melalui button Calculate dengan mengetikkan [Shape].returncenter.getx untuk field X dan [Shape].returncenter.gety untuk field Y.

Ketiga, setelah Anda Run script tersebut akan muncul jendela kecil dengan menu dropdown yang meminta Anda memilih attribut mana yang akan diproses. Klik OK setelah Anda menentukan pilihan.
Keempat, berikutnya Anda diminta untuk memilih field mana yang akan di konversi dari DD menjadi DMS. Klik OK setelah Anda menentukan pilihan.


Kelima, ketikkan nama field hasil konversi (max 8 karakter), atau biarkan defaultnya kemudian klik OK.


Ulangi langkah keempat dan kelima untuk mendapatkan DMS-Y. Hasilnya seperti gambar kedua dari atas. Untuk konversi dari DMS ke DD, Anda hanya perlu Load Script dms2dd.ave dan langkah selanjutnya hampir sama dengan langkah diatas.

Untuk tutorial yang lebih jelas mengenai ArcView . seperti Cara menambahkan tema, Menggambar Pola Wilayah, Menentukan map units dan distance units, Menu edit (Polyline)bisa anda download Disini. Password : sobatgeografis.

Terima Kasih


1 komentar:

  1. selamat siang
    toturial Arview SIG ini sangat membantu saya,
    bermanfaat dan menbantu buat tugas SIG
    saya juga meraskan manfaatnya,
    saya ucapkan Terimakasih

    kunjungi website kami :
    https://khiki69.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus